Memulai bisnis memang mudah, tetapi memulai bisnis dengan
benar adalah hal yang sangat sulit. Kebanyakan dari UMKM memulai usaha dari
keterpaksaan, melanjutkan usaha orang tua atau iseng. Sedikit sekali yang
memulai usaha dengan perencanaan dan konsep yang matang.
Beberapa usaha
tersebut berhasil, tetapi sebagian besar gagal. Usaha yang berhasil itupun
kemudian sulit berkembang, bahkan ada yang tragis bangkrut karena tidak siap
dengan pertumbuhan yang sangat cepat.
10 hal yang menentukan apakah bisnis anda akan sukses dimasa depan
atau tidak.
1. Jadikan bermakna
Berbeda dari pikiran banyak orang, pebisnis supersukses
seperti Bill Gates, Steve Jobs, Larry Page, Charles Branson mereka memulai
bisnis bukan karena uang. Hal ini ternyata juga saya dapatkan ketika menanyakan
ke banyak pebisnis sukses di Indonesia. Mereka memulai bisnis karena sebuah
alasan mulia, untuk menjadikan hidup menjadi lebih bermakna. Ketika alasan kita
memulai bisnis adalah uang, maka ketika kita sudah berusaha mati-matian dan
bisnis kita tidak menghasilkan uang, maka kita akan berhenti. Atau sebaliknya
ketika bisnis sudah menghasilkan uang yang cukup banyak, maka kita juga akan
berhenti. Oleh karenanya perusahaan besar pasti memiliki pendiri atau pemimpin
yang berpikir lebih dari sekedar mencari uang.
2.Buat Mantra!
Banyak pengusaha yang terjebak untuk membuat visi misi yang
panjang dengan kata-kata yang indah. Selanjutnya visi misi tersebut dibuat
plakat dan ditempel di dinding-dinding kantor. Hal yang lucu jika selanjutnya
direktur atau pemilik perusahaan kemudian tidak bisa mengucapkan visi misi
tersebut. Perusahaan memerlukan kata-kata sederhana untuk menggambarkan apa
yang ingin dituju oleh perusahaan. Kata-kata tersebut harus cukup sederhana
untuk bisa diucapkan dan diingat oleh direktur sampai dengan tukang sapu.
Ketika kita mendengar Just Do It tentu kita langsung tahu bahwa itu adalah
Nike. Tiga kata tersebut telah bermakna cukup dalam. Contoh lain yang bagus
adalah Philip Terus Terang, Terang Terus. Apotik K-24 Komplit dan Buka 24 Jam.
3. Segera Mulai
Setelah anda memiliki tujuan yang jelas, segera mulai. Anda
tidak perlu menunggu untuk menjadi sempurna baru mulai. Banyak pebisnis besar
seperti Bill Gates dan Steve Jobs bahkan memulai perusahaan dari garasi mereka.
Tips untuk memulai adalah berpikirlah berbeda dari pemain yang sudah ada,
temukan mitra terpercaya (soul mates) dan jangan takut membuat orang
terpolarisasi. Ketika tidak ada orang yang membenci produk anda, bisa jadi
tidak ada orang yang mencintai produk anda juga.
4. Buat model bisnis
Model bisnis adalah perhitungan dan gambaran anda akan
mendapatkan untung. Pada tahap ini anda harus sangat spesifik, kalau bisa
sampai hitungan sen. Sederhanakan proses bisnis anda. Coba tanyakan ke wanita.
Wanita memiliki kecenderungan untuk konservatif dan menjawab 'tidak' terhadap
suatu kemungkinan. Kalau anda bisa meyakinkan wanita atas rencana anda, bisa
jadi rencana anda cukup meyakinkan.
5.Jalin MAT (milestone, assumtions , tasks)
Buat rencana aksi yang jelas. Buat milestone atau
tonggak-tonggak yang harus dicapai, buat asumsi atau ukuran-ukuran yang harus
dicapai, dan rinci tugas-tugas untuk mencapai tonggak dan ukuran yang akan
dicapai tersebut.
6. Cari ceruk
Pastikan produk anda bukan hanya unik, tetapi juga bernilai
/ bermanfaat bagi customer. Apabila anda membuat produk yang bermanfaat tetapi
tidak unik maka anda akan mendapatkan banyak persaingan dari sisi harga. Kalau
anda membuat produk unik tetapi tidka bermanfaat maka hal tersebut adalah
bodoh.
7.Ikuti aturan 10/20/30
Buat konsep anda secara tertulis di powerpoint. Konsep
bisnis anda tersebut harus bisa disampaikan dalam 10 slides, waktu 20 menit,
dan gunakan ukuran font minimal 30.
8. Rekrut orang-orang yang terinfeksi
Rekrut orang paling kompeten dan berkomitmen yang anda bisa.
Segera uji konsep atau produk anda dipasara untuk tahu reaksi pasar.
9. Turunkan halangan untuk mencoba !
Buatlah calon customer mudah untuk menggunakan produk anda.
Jangan minta customer melakukan sesuatu yang anda sendiri juga tidak mau
melakukan. Cari orang-orang yang mau jadi sponsor produk anda.
10. Jangan biarkan orang sok tahu mencampuri bisnis anda !
Banyak ide besar yang di sepelekan di awal. Contoh ide
personal computer pernah dikomentari oleh Thomas Watson, Chairman IBM di tahun
1943 bahwa hanya ada pasar untuk lima komputer di seluruh dunia (hal ini tentu
salah karena ada kurang lebih 20 juta PC terjual setiap tahun). Kadang
orang-orang yang berpengalaman akan memberikan komentar yang menjatuhkan mental
anda, jangan dengarkan ! Mereka membuat komentar tersebut karena pengetahuan
mereka terbatas pada pengalaman-pengalaman mereka. Tetap miliki keyakinan yang
besar atas produk dan gagasan anda.
0 comments: